nutrisi ibu hamil

6 Manfaat Asam Folat Sebagai Nutrisi Ibu Hamil

Asam folat merupakan salah satu vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B, dan merupakan unsur penting dalam sintesis DNA.Asam folat diperlukan untuk mencipatkan sel-sel baru dalam tubuh yang dibutuhkan guna perkembangan sang bayi. Namun, untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuh, tubuh tidak memiliki kandungan asam folat yang cukup. Akibatnya, perlu adanya asupan tambahan asam folat yang berasal dari makanan maupun suplemen. Dalam makanan, asam folat dapat diperoleh dari bayam, taoge, brokoli, kacang hijau, atau sereal yang telah diperkaya asam folat.

Asam folat yang dikonsumsi melalui makanan maupun suplemen baik sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko cacat bayi. Resiko tersebut seperti masalah saraf  tulang belakang dan lain sebagainya.  Anda disarankan untuk segera mulai mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat setelah  merencanakan kehamilan. Hal ini dikarenakan pembentukan saraf dan organ vital janin terjadi pada trimester pertama kehamilan. Dosis yang dibutuhkan setiap harinya yaitu atau 0,4 mg.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, Anda tentu akan berusaha untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat membantu pertumbuhan janin Anda. Salah satu nutrisi ibu hamil yang diperlukan agar janin tumbuh dengan sehat adalah asam folat. Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat memicu timbulnya masalah kesehatan baik bagi dirinya maupun bayinya. Adapun manfaat asam folat untuk ibu hamil yang dapat Anda peroleh, yaitu:

  1. Memproduksi sel-sel darah merah

Asam folat mampu meningkatkan produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Hal ini tentu sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Kurangnya konsumsi asam folat akan mengakibatkanterjadinya anemia dan kekurangan zat besi. Asam folat akan menjamin jumlah sel darah merah dalam tubuh agar tetap stabil.

  1. Mencegah cacat tabung saraf
Baca Juga :  Inovasi Perawatan Gigi: Sikat Gigi Bayi 360 Derajat

Asam folat juga dapat membantu perkembangan saraf bayi pada saat masih berada di dalam kandungan. Tabung saraf janin ini yang nantinya akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang bayi dilindungi oleh asam folat. Akibatnya, konsumsi asam folat yang cukup akan menjaga agar tidak terjadi cacat selama pembentukan awal sistem saraf pusat. Kondisi di mana perkembangan tulang belakang yang cacat/tidak tuntas ini disebut cacat tabung saraf atau spina bifida.

  1. Mencegah bibir Sumbing

Bibir sumbing merupakan cacat bawaan. Dalam kondisi ini akan terbentuk satu atau lebih celah di bibir dan langit-langit mulut bagian atas..

  1. Mencegah cacat jantung bawaan

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam makanan maupun suplemendapat mengurangi risiko cacat jantungbawaan. Menurut American Heart Association, kondisi cacat ini terjadi ketika jantung atau pembuluh darah pada bayi tidak berkembang secara normal sebelum lahir. Kondisi tersebut akan memengaruhi dinding dalam jantung, katup jantung, ataupun pembuluh dan nadi jantung.

  1. Mengurangi resiko lahir prematur

Sebuah studi dari tim Radek Bukowski di University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi asam folat setidaknya setahun sebelum hamil dapat mengurangi risiko kelahiran prematur hingga 50%.

  1. Mencegah keguguran

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah perempuan akan kesulitan menjaga kehamilannyasaat kekurangan asam folat. Konsumsi asam folat akan membantu mencegah keguguran. Selain itu, mengonsumsi asam folat dapat mencegah perkembangan bayi yang lambat dalam rahim serta masalah berat badan lahir rendah.

 

About the author