merk pil kb yang bisa menurunkan berat badan

Adakah Merk Pil KB yang Bisa Menurunkan Berat Badan?

Berbicara tentang alat kontrasepsi, banyak wanita yang cenderung lebih memilih pil KB dibanding jenis alat kontrasepsi lainnya. Walaupun agak repot karena harus diminum tiap hari, berbagai kelebihan seperti mengurangi nyeri saat haid menjadi alasan mengapa jenis ini sangat popular di kalangan kaum hawa. Sayangnya, selain kelebihan terdapat juga efek samping yang mengganggu,yaitu berat badan jadi meningkat pasca mengonsumsinya. Apakah benar pil KB memicu naiknya angka di timbangan Anda? Lalu adakah merk pil KB yang bisa menurunkan berat badan?

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan antara kenaikan berat badan dan penggunaan pil KB, serta mencari merk pil KB yang bisa menurunkan berat badan, terus simak ulasan di bawah ini, ya!.

Kaitan antara Kenaikan Berat Badan dan Penggunaan Pil KB

Bila Anda saat ini tengah resah karena berat badan naik akibat mengonsumsi pil KB, jangan buru-buru panik mencari merk pil KB yang bisa menurunkan berat badan. Anda perlu mengetahui hubungan antara keduanya dulu agar tidak salah kaprah.

Dulu, pada era 60-an, memang benar pil KB dapat membuat berat badan naik karena pil KB yang diproduksi saat itu mengandung kadar estrogen yang tinggi, yaitu lebih dari 150 mcg per tablet. Sepertikita tahu bahwa hormon estrogen dapat meningkatkan nafsu makan dan serta kadar air yang disimpan dalam tubuh.

Namun sekarang semuanya berubah, Menurut studi yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran dari Universitas Toronto pada tahun 2012, kadar estrogen pada pil KB yang beredar saat ini hanya sekitar 20 sampai 50 mcg. Sehingga, tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Apabila berat badan ternyata meningkat, kemungkinan yang bertambah bukanlah lemak, melainkan cairan tubuh. Itupun terjadi hanya di awal masa penggunaan pil KB, yaitu sekitar 2 sampai 3 bulan saja. Jadi, jika Anda baru saja menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi dan merasa bertambah gemuk, tak perlu buru-buru mencari merk pil KB yang bisa menurunkan berat badan. Bersabarlah dulu dan tunggu beberapa bulan untuk melihat perubahannya.

Baca Juga :  4 Kado untuk Bayi Laki-Laki Murah Namun Tidak Murahan

 

Merk Pil KB yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Bila lebih dari 3 bulan Anda masih merasa bahwa berat badan terus naik setelah mengonsumsi pil KB, mungkin Anda bisa berpikir ulang apakah masih ingin menggunakan merk pil KB yang sedang dikonsumsi saat ini atau tidak. Menggantinya dengan pil kontrasepsi yang mengandung drospirenone bisa jadi solusi yang tepat. Drospirenone adalah turunan dari progestin. Selain bisa mencegah kehamilan, pil kontrasepsi yang mengandung bahan ini juga dapat mengurangi penyerapan air dan elektrolit dalam tubuh.  Bahan yang juga disebut sebagai DRSP ini bersifat diuretik ini mampu mencegah cairan tersimpan di dalam tubuh. Sehingga, kenaikan berat badan yang disebabkan oleh penumpulan cairan pun dapat dihindari.

Selain mengurangi penimbunan cairan, pil kontrasepsi yang mengandung drospirenone memiliki banyak manfaat yang akan membuat wanita tergiur, seperti mengurangi timbulnya jerawat di wajah, membuat siklus haid menjadi teratur, menghaluskan kulit, dan meningkatkan kolesterol baik. Bagaimana, sangat menggiurkan, bukan?

Bijaklah dalam Memilih Pil KB yang Tepat untuk Anda

Saat memilih merk pil KB yang bisa menurunkan berat badan, mungkin Anda akan menemui banyak tawaran. Pilihan sepenuhnya di tangan Anda,. Yang penting, jangan lupa untuk tetap bijak dan jangan mudah tergiur dengen kelebihan yang ditawarkan. Sebagus-bagusnya merk pil KB, ia tetap memiliki pantangan dan efek samping. Jadi usahakan untuk tetap objektif saat memilih. Jangan lupa untuk selalu meminta saran dari dokter terkait guna menghindari memilih pil KB yang salah. Selamat memilih, ya!

About the author