makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah anugerah yang didapatkan oleh para wanita. Segala hal yang terjadi di masa kehamilan bisa membuat Anda semakin bersyukur dan menyadari betapa besar kuasa Tuhan. Selama proses kehamilan ini ada individu lain yang sedang tumbuh dan berkembang di dalam tubuh seorang wanita. Seluruh proses perkembangan janin ini terjadi dengan adanya asupan makanan dari sang ibu. Oleh karena itu apa yang ibu makan selama hamil akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin tentunya juga akan mempengaruhi pertumbuhan anak setelah lahir nanti. Hal ini menunjukkan bahwa makanan sehat untuk ibu hamil sangatlah penting untuk terpenuhi guna melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.

Beragam Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Selama 9 bulan kehamilan seorang ibu memang wajib lebih ekstra perhatian terhadap apa saja yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya melalui makanan. Sebaiknya ibu hamil menghindari jenis-jenis makanan siap saji ataupun makanan yang mengandung zat kimia tambahan seperti pengawet, pewarna maupun perisa. Makanan-makanan yang dikonsumsi sebaiknya alami dan juga mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan, seperti asam folat. Asam folat ini masuk dalam kelompok vitamin B yang sangat tidak boleh untuk dilewatkan oleh ibu hamil. Fungsi utama asam folat ini adalah untuk pertumbuhan syaraf pusat janin di dalam kandungan. Selain itu konsumsi asam folat yang cukup juga bisa menghindarkan bayi lahir cacat, prematur ataupun adanya ketidaksempurnaan lahir lainnya. Oleh karena itu sangat penting bagi para ibu untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat di awal kehamilan bahkan hingga selesai masa kehamilan.

Meskipun fungsinya sangat luar biasa untuk perkembangan janin, konsumsi asam folat ini tetap harus dibatasi pada taraf normal, tidak boleh terlalu banyak. Jumlah anjuran konsumsinya pun disesuaikan dengan usia kehamilan karena tahap perkembangan janin yang berbeda juga membutuhkan asupan asam folat yang berbeda. Di awal kehamilan konsumsi asal folat dianjurkan kurang lebih 400 mcg per harinya dan akan meningkat menjadi 600 mcg setelah melewati 4 bulan pertama kehamilan.

Baca Juga :  6 Manfaat Asam Folat Sebagai Nutrisi Ibu Hamil

Asam folat untuk ibu hamil bisa diperoleh dari bahan-bahan makanan alami maupun dari suplemen tambahan. Berikut ini contoh makanan tinggi asam folat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Sayuran hijau

Sayuran memang punya manfaat luar biasa bagi tubuh. Diantara jenis-jenis sayuran yang ada, brkologi, sawi hijau, bayam, selada dan asparagus yang punya warna hijau memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

  • Buah-buahan

Tidak semua jenis buah-buahan mengandung banyak asm folat, jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil diantaranya alpukat, pepaya, pisang, tomat dan jeruk.

  • Kacang-kacangan

Selain mengandung protein nabati, kacang-kacangan ternyata juga punya kandungan asam folat. Jenis kacang yang bisa dikonsumsi ibu hami diantaranya kacang polong, kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai.

  • Makanan laut

Sudah banyak yang tahu bahwa makanan laut sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung banyak zat gizi baik seperti asam folat, omega 3 dan lainnya.

  • Salmon

Makanan yang termasuk dalam kategori super food ini memang sudah tidak diragukan manfaat kandungannya. Salmon ini sangat baik untuk perkembangan otak janin.

  • Susu serta produk turunannya

Ibu hamil memang dianjurkan untuk mengkonsumsi susu karena banyak mengandung zat gizi seperti asam folat. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi susu khusus ibu hamil yang kandungannya lebih lengkap termasuk asam folat untuk ibu hamil.

Uraian lebih lengkap tentang pentingnya asam folat di dalam makanan sehat untuk ibu hamil bisa Anda ketahui. Pastikan janin mendapatkan cukup gizi agar potensi perkembangannya bisa semaki optimal.

 

About the author